Kapolres Jembrana Memperingati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023 di Stadion Pecangakan

MediaInvestigasiMabes, Jembrana Bali –┬áSebuah upacara yang menggugah semangat kebangsaan dan kecintaan terhadap tanah air, merupakan bagian dari perayaan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, yang acara tersebut dilaksanakan di Stadion Pecangakan, Kel.Dauhwaru, Kab. Jembrana, Kamis (17/08/2023).

Dalam suasana yang penuh khidmat dan kebersamaan, upacara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dan undangan, termasuk Wakil Bupati Jembrana, Ketua DPRD Kabupaten Jembrana, Kapolres Jembrana, Dandim 1617/Jembrana, Kepala Kejaksaan Negeri Jembrana, Ketua Pengadilan Negeri Negara, serta berbagai tokoh masyarakat, anggota DPRD, perwira jajaran Kodim 1617/Jembrana, dan Polres Jembrana, Camat se-Kabupaten Jembrana, serta unsur OPD dan perwakilan berbagai lembaga.

Upacara ini juga melibatkan komposisi peserta yang memukau, mencakup 1 Peleton Kodim 1617/Jembrana, 1 Peleton Yonif Mekanis 741/GN, 1 Peleton Polres Jembrana, 1 Kompi PGRI Kabupaten Jembrana, 1 Kompi KORPRI Kabupaten Jembrana, serta 1 Kompi Siswa-siswi dari berbagai tingkatan pendidikan di wilayah Kabupaten Jembrana, termasuk SMA, SMK, MAN, dan SMP. Total peserta mencapai sekitar 1500 orang.

Rangkaian acara ini dirangkai dengan baik, dimulai dari persiapan pasukan dan kedatangan Komandan Upacara ke lapangan. Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, S.H., selaku Inspektur Upacara, tiba di lokasi acara yang disambut oleh penghormatan pasukan. Acara pokok mencakup penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara, laporan dari Komandan Upacara, pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Jembrana, peringatan Detik-detik Proklamasi, dan pengibaran Sang Merah Putih yang diiringi dengan rendahnya suara dalam “Mengheningkan Cipta”.

Semangat nasionalisme dan persatuan terpancar jelas dari seluruh pelaksanaan upacara ini. Dalam suasana penuh khidmat, rangkaian acara ditutup dengan Inspektur Upacara meninggalkan lapangan, menandai berakhirnya upacara yang berlangsung dengan tertib, lancar, dan aman.

Upacara ini juga telah diperkuat oleh upaya pengamanan dari Personel Polres Jembrana dan Polsek Kota Jembrana, memastikan kelancaran dan keselamatan selama pelaksanaan kegiatan. Semua elemen yang hadir menyumbangkan makna dan penghormatan bagi perjuangan bangsa serta mengingatkan tentang pentingnya mempertahankan dan meneruskan semangat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

sum : ikm
(redMSM/red).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *