PDAM Belitung Timur, Minta Pelanggan Hemat Pemakaian Air Bersih

MediaInvestigasiMabes, Beltim – Pelayanan air bersih Perumdam Pelangi Timur masih berjalan dengan baik meski musim kemarau tahun ini sangat ekstrem. Namun jika dalam satu bulan ke depan tidak turun hujan maka PDAM terpaksa harus menggilir pendistribusian air ke pelanggan.

Hal ini lantaran kondisi ketersedian air dari beberapa kulong sumber air baku PDAM Pelangi banyak yang turun drastis. Direktur Perumdam Pelangi Timur Zubair saat meninjau langsung kondisi sumber air baku di Kulong Kajenun I dan II Desa Suka Mandi Kecamatan Damar, Rabu (4/10/23), menyatakan surutnya rata-rata sudah mencapai 1,5 meter.

Untuk Kulong Kajenun I dan II surutnya capai 1,5 meter. Ini sumber air baku kita untuk suply ke pelanggan di Kecamatan Manggar,” ungkap Zubair.

Kondisi yang sama juga terjadi di Kulong Parit Kemang I dan Parit Kemang II Kecamatan Kelapa Kampit. Di mana Sumber Air bakunya juga ikut surut sampai 1,5 meter.

Kita bahkan sudah ngalirkan air dari Kulong Parit Kemang I ke Parit Kemang II untuk nambah persediaan airnya,” beber Zubair kepada Diskotikdansa Beltim.

Untuk persediaan sumber air PDAM Kecamatan Gantung kondisinya sangat mencukupi, mengingat sumber air bakunya berasal dari Sungai Lenggang. Namun kualitas air bakunya yang sangat memprihatinkan.

“Kalau di sana kuantitas debit aman, hanya saja kualitasnya yang kurang baik akibat kekeruhan. Butuh biaya produksi tinggi untuk penggunaan bahan kimia yang cukup besar,” kata Zubair.

Kemarau tahun ini menurut Zubair merupakan yang terparah sejak Dia menjabat sebagai Direktur Perumdam Pelangi. Dikhawatirkan jika kemarau kian panjang PDAM akan menggilir distribusi air bersih.

“Sudah 7 tahunan saya menjabat, ini (kemarau-red) yang terparah. Bahkan mesin pompa kita sempat rusak karena kondisi air baku yang turun. Takutnya kalau kelamaan kita kurang persediaan dan terpaksa menggilir distribusi air,” ujar Zubair.

Untuk itu Perumdam Pelangi menghimbau agar para pelanggan PDAM dapat lebih berhemat dalam penggunaan air bersih. Mengingat kemarau ini diperkirakan akan berlangsung lama.

Kita sudah memasang himbauan di media-media sosial Perumdam Pelangi agar pelanggan kita lebih bijak dan berhemat dalam penggunaan air bersih. Semoga kemarau ini tidak lama sehingga pelayanan distribusi air dapat lancar,” harap Zubair. (Ramli).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *