Bukti Kerja Nyata, Babinsa Koramil Siriwo Sebagai Penengah Kesalahpahaman Warga

MediaInvestigasiMabes, Siriwo ~ Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah binaan, Babinsa Koramil 1705-07/Siriwo (Serka Rudolf Abas Bersam) membantu penyelesaian kesalah pahaman warga masyarakat bertempat di halaman koramil 1705-07/Siriwo,jln Trans Nabire-Ilaga kilometer 100,Distrik Siriwo,kabupaten Nabire,Provinsi Papua tengah.

Mediasi yang dilakukan oleh Babinsa dan kedua pelah pihak antara masyarakat orang asli Papua (OAP) dan masyarakat pendatang yang di akibatkan oleh kesalahpahaman di jalan raya. Oleh karena itu perlu adanya koordinasi yang baik agar permasalahan tidak sampai meluas sehingga hal ini dapat menciptakan situasi yang aman dan damai. Sebab kegiatan seperti inilah bertujuan untuk mencegah timbulnya perselisihan yang lebih luas antara kedua belah pihak.”Ungkap Babinsa”.

“Sebagai aparat teritorial,sudah menjadi kewajiban kami untuk melaksanakan pembinaan teritorial di wilayah binaan kami. Karena sebagai satkowil berperan aktif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

Karena dengan duduk bersama akan terciptanya sebuah komunikasi yang baik sehingga lewat mediasi kesalahan pahaman antar warga dapat terselesaikan secara kekeluargaan,”Ujarnya”.

Pada kesempatan ini,Babinsa mengajak kepada warga apabila ada permasalahan segera dilaporkan,baik kepada aparat keamanan dalam hal ini kami selalu TNI (Babinsa)maupun pihak kepolisian (Bhabinkamtibmas).

Sehingga kami dapat mengambil langkah dan upaya pencegahan sehingga setiap persoalan di masyarakat dapat kita cegah bersama dan jangan sampai pesoalan menjadi meluas.

“Lanjutnya”kalau masih kita bisa mediasi untuk menyelesaikan secara kekeluargaan seperti ini maka lebih baik lagi karena kita hidup di negara yang berdasarkan hukum,” Tegasnya “.

Dengan mediasi secara kekeluargaan permasalahan dapat segera diselesaikan,disini tidak ada yang merasa menang ataupun merasa kalah dan hubungan kerukunan antar warga masyarakat dapat terjaga. “Tutupnya “.

Kegiatan mediasi antara kedua belah pihak yang di laksanakan bersama babinsa berjalan dengan lancar dan aman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *