Polres Sekadau Gelar Asistensi Satkamling dalam Rangka Cooling System Menjelang Pemilu 2024

MediaInvestigasiMabes, Sekadau Kalbar – Polres Sekadau melalui Sat Binmas pada Selasa (9/1/2024) malam menggelar kegiatan asistensi Satkamling dalam rangka cooling system menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan Harkamtibmas di wilayah hukum Polres Sekadau.

Asistensi yang disertai dengan pemberian sarana kontak ini, dilaksanakan di tiga Satkamling yang terletak di Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, yaitu Satkamling Kapuas, Satkamling Kerama, dan Satkamling Nirboyo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Sekadau AKP Masdar, Kapolsek Sekadau Hilir IPTU Kuswiyanto, KBO Sat Binmas IPDA Budi Hamdani, Kanit Binmas Polsek Sekadau Hilir Aipda Mirwan Ismail, Bhabinkamtibmas Bripka Subhan, anggota Sat Binmas, Kepala Desa Sungai Ringin Abdul Hamid, para Kadus, Ketua RT, dan awak Satkamling.

Kasat Binmas AKP Masdar menjelaskan bahwa kegiatan asistensi ini merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) yang menjadi program Sat Binmas. Berdasarkan Peraturan Polri Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas.

“Sejalan dengan program unggulan Kapolres Sekadau yaitu SAS (Sekadau Aman Sejahtera), mari kita optimalkan keberadaan dan fungsi dari Satkamling di Desa. Bersama-sama kita juga wujudkan Kamtibmas yang kondusif selama tahapan Pemilu 2024,” imbau Kasat Binmas AKP Masdar.

Sementara itu, Kapolsek Sekadau Hilir IPTU Kuswiyanto turut menambahkan bahwa fungsi Satkamling selain sebagai Pos Ronda, juga bisa dijadikan tempat silaturahmi warga. Bahkan, bisa menjadi tempat menyelesaikan permasalahan antara warga secara kearifan lokal.

“Secara demografi, Desa Sungai Ringin merupakan jalan perlintasan keluar masuk kendaraan dan orang. Maka, bersama-sama kita mengaktifkan kembali Satkamling guna mewujudkan Harkamtibmas,” ucapnya.

Menjelang Pemilu 2024, IPTU Kuswiyanto menyampaikan kepada warga agar bisa menggunakan hak pilih dengan baik dan benar. Boleh berbeda pilihan tetapi jangan sampai terpecah belah, apalagi terjadi perselisihan antar warga.

“Bersama-sama tingkatkan solidaritas dan sinergitas 3 pilar, TNI-Polri, dan Pemerintah bersama masyarakat, untuk mengedukasi warga agar dewasa dalam berpolitik. Dengan begitu, kita dapat mewujudkan Pemilu yang damai dan tertib di Kabupaten Sekadau,” tegasnya.

Dalam asistensi Satkamling ini, Polres Sekadau berharap masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilu 2024, sehingga tercipta suasana yang kondusif dan aman dalam proses demokrasi tersebut.

(Hepni JK)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *