Kebakaran Terjadi di RSUD dr Slamet Garut Jawa Barat

MediaInvestigasiMabes, Garut Jabar –┬áKebakaran terjadi di RSUD dr.Slamet yang berada di jalan Rumah sakit No.12 Kel.Sukakarya Kec.Tarogong Kidul,Kab.Garut-Jawa Barat.

Kejadian kebakaran tersebut diketahui terjadi pada pukul 12.23 WIB, pada sebuah ruangan gas medis, ruangan Logistik, ruangan Hema Dolisa (HD) dan ruangan pagawai Taman, Minggu (01/10/2023).

Dari keterangaan saksi-saksi yang ada yakni salah seorang petugas Gas Medis RSUD dr.Slamet Garut, menyebut, Bahwa sekitar pukul 12.23 WIB, pada saat saksi sedang berada diruangan central oksigen gas medis mendengar suara berisik seperti pasir dilempar ke atap (merepet).

Kemudian saksi melihat dari celah atas ventilasi ada api dari luar yang bersumber dari tumpukan barang-barang bekas elektronik komputer, selanjutnya saksi mengecek keluar ternyata benar ditumpukan komputer tersebut ada api menyala sudah besar, yang kemudian tindakan saksi memberitahukan kepada satpam rumah sakit, dan pada saat kembali lagi api ternyata sudah menjalar ke atap ruangan gas medis, logistik, hema dolisa dan ruangan pegawai taman, yang mana pada saat itu tiupan angin sedang kencang.

Sementara itu menurut salah seorang saksi lainnya Syaripudin Bin Dadang salah seorang PNS di rumah sakit tersebut sebagai pengurus barang logistik RSUD dr.Slamet yang diamini Undang Saefurohman Bin Alm ll Supardi yang sama merupakan salah seorang saksi mengatakan, Bahwa pada hari Rabu tanggal 27 September 2023, atas perintah Drs.Evi Anshori selaku Wadir umur RSUD dr.Slamet Garut untuk menyimpan barang-barang bekas berupa, Sekitar 50 buah kursi bekas merk chitose, 5 unit TV tabung, 15 unit seperangkat komputer (Cpu, monitor, printer dan keybord), 3 buah kompor gas ukuran besar, Beberapa buah kursi putar bahan besi dan plastik, 2 unit telepon kabel, dan 3 unit kipas angin.

Barang- barang tersebut disimpan sementara sudah 5 hari karena tidak ada tempat khusus (Gudang) sebelum dilelang melalui BPKAD dan paling lama penyimpanan selama.1 bulan, dan masih dalam proses lelang.

Dari penyelidikan sementara Insiden kebakaran yang terjadi di RSUD dr.Slamet Garut tersebut,
dari keterangan seorang saksi Fahmi, Sumber api berasal dari tumpukan barang-barang elektronik komputer yang tersimpan di area lahan kosong terbuka antara ruangan logistik dan ruangan central gas oksigen.

Dan sumber api yang membakar barang-barang elektronik tersebut diduga akibat dari panas terik matahari yang kemudian membakar barang-barang tersebut hingga merembet ke ruangan akibat dari kencangnya hembusan angin.

Api baru bisa dipadamkan sekira pukul 14. 30 WIB, dengan menggunakan 10 damkar dari Dinas kebakaran, 1 mobil Water Canon Korps Brimob, 1 mobil PDAM, 1 mobil Dinsos Kab.Garut.

Beruntung tidak ada korban jatuh baik korban luka ataupun korban meninggal dunia. Sementara itu mengenai kerugian belum bisa ditaksir, dan kasus insiden kebakaran RSUD dr.Slamet tersebut kini ditangani oleh pihak berwajib dalam hal ini Kepolisian

sum : diskar kab.garut
(redMSM).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *