Iptu Pol. Edi Saputra.SH. Pimpin Kegiatan Cooling System di Wilayah Sulit Terjangkau untuk Ciptakan Pemilu Damai

MediaInvestigasiMabes, Indragiri Hilir – Iptu Pol. Edi Saputra.SH., Kapolsek Tanah Merah, beserta bhabinkamtibmas polsek dan anggota polsek Tanah Merah, telah melaksanakan kegiatan Cooling System di dua desa, yakni Tanjung Pasir dan Sungai Laut. Kegiatan ini diarahkan untuk menciptakan suasana Pemilu Damai 2024, dengan harapan bahwa kedua desa tersebut akan menjadi Desa Percontohan untuk Pemilu Damai 2024. Ini merupakan bagian dari upaya Polsek Tanah Merah untuk memastikan kelancaran dan kedamaian Pemilu di wilayah hukumnya, yang dijadwalkan pada tanggal 16 Januari 2024.

Cooling System adalah istilah yang digunakan oleh Polri untuk menggambarkan kegiatan yang bertujuan untuk menurunkan suhu politik dan mencegah konflik antara para kontestan pemilu, penyelenggara pemilu, pengawas pemilu, dan masyarakat. Kegiatan ini meliputi sosialisasi, dialog, silaturahmi, dan penyebaran pesan-pesan damai. Cooling System diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan harmoni antara semua pihak yang terlibat dalam Pemilu 2024.

Iptu Pol. Edi Saputra.SH. mengakui bahwa kegiatan ini bukanlah hal yang mudah, terutama karena lokasinya yang cukup sulit dijangkau. Meskipun secara geografis berdekatan, perjalanan dari Kelurahan Kuala Enok memakan waktu sekitar 2 jam. Dalam perjalanan menuju lokasi, pihak kepolisian menghadapi beberapa kendala, termasuk akses jalan yang sempit dan jalur jerambah yang tidak layak dilalui.

Meski demikian, Iptu Pol. Edi Saputra.SH. dan timnya tetap optimis untuk menyelesaikan Giat Cooling System ini dengan sukses. Mereka melihat tantangan tersebut sebagai bagian dari dedikasi mereka untuk menciptakan Pemilu Damai 2024. “Kami bersama-sama dengan masyarakat harus menjalankan kegiatan ini demi kebaikan bersama dan menunjukkan bahwa wilayah hukum Polsek Tanah Merah siap menghadapi Pemilu dengan damai,” ujar Iptu Pol. Edi Saputra.SH.

Dengan total penduduk Desa Tanjung Pasir sebanyak 2.256 jiwa dan Desa Sungai Laut sebanyak 2524 jiwa, partisipasi masyarakat dianggap krusial. Meskipun jumlah penduduknya signifikan, luas wilayah Tanjung Pasir dan Sungai Laut juga menjadi pertimbangan serius, masing-masing sekitar 113 km2 dan 54.3 km2.

Pihak kepolisian tidak hanya fokus pada aspek keamanan, tetapi juga melibatkan berbagai pihak, termasuk tokoh masyarakat, agama, dan pemuda di kedua desa. Harapannya, melalui Giat Cooling System ini, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya partisipasi dalam proses Pemilu dan menjaga keamanan bersama.

Giat Cooling System di Tanjung Pasir dan Sungai Laut dianggap sebagai langkah awal untuk menciptakan lingkungan yang kondusif menjelang Pemilu 2024. Semoga, kerjasama antara kepolisian dan masyarakat dapat menghasilkan pemilu yang aman, damai, dan menjadi contoh bagi wilayah-wilayah lain di seluruh Indonesia.

Selain melakukan Cooling System di dua desa tersebut, Polsek Tanah Merah juga melakukan kegiatan serupa di desa-desa lain yang berada di wilayahnya. Tujuannya adalah untuk menjangkau seluruh masyarakat dan memberikan pemahaman yang benar tentang Pemilu 2024. Polsek Tanah Merah juga berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti KPU, Bawaslu, dan TNI, untuk mengantisipasi dan menangani segala kemungkinan yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024.

Pemilu 2024 merupakan pesta demokrasi yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Pemilu 2024 akan menentukan siapa yang akan memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Oleh karena itu, Pemilu 2024 harus dilaksanakan dengan jujur, adil, transparan, dan akuntabel. Masyarakat harus menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan bertanggung jawab, serta menghormati pilihan orang lain.

(Dum. M.F 0794)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *