Kapolres Jembrana Hadiri Upacara Hari Jadi Provinsi Bali Ke-65

MediaInvestigasiMabes, Jembrana Bali –┬áBertempat di Stadion Pecangakan, Kel.Dauhwaru, Kec/Kab. Jembrana, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. beserta Ibu menghadiri kegiatan Upacara Hari Jadi Provinsi Bali yang Ke-65, Senin (14/8/2023) pukul 08.05 WITA,

Selaku Irup Bupati Jembrana I Nengah Tamba, S.H. dan dihadiri oleh para tamu undangan diantaranya Wakil Bupati Jembrana, Ketua DPRD Kab. Jembrana, Dandim 1617/Jembrana, Kepala Kejaksaan Negeri Jembrana, Ketua Pengadilan Negeri Negara, Unsur OPD Kab.Jembrana, Camat se-Kab. Jembrana, dan jajaran Forkopimda lainnya, serta para peserta Upacara dari TNI, Polri, Sat Pol PP, BPBD, PGRI, KORPRI, siswa-siswi SMA, SMK, MAN, SMP, dan team Korsik Jembrana.

Adapun rangkaian kegiatan diawali dengan pembacaan sejarah terbentuknya Provinsi Bali, pengibaran Bendera Merah Putih, mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara, pembacaan Naskah Pancasila oleh Inspektur upacara, pembacaan UUD 1945, dan membacakan amanat Gubernur Bali yang dibacakan oleh Inspektur Upacara.

Bupati Jembrana saat membacakan amanat Gubernur Bali menyampaikan, Puja pangastuti tur rasa angayubagia katur ring Hyang Widhi Wasa, antuk asung kertha wara nugrahan Ida, iraga sareng sami prasida mapupul ngamiletin “Upacara Bendera Peringatan Hari Jadi Ke-65 Provinsi Bali” sami kaswecanan kapaica kenak sadya rahayu.

Pembangunan Provinsi Bali diselenggarakan dengan Visi “NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju BALI ERA BARU, yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana Provinsi Bali Tahun 2018-2023, dilaksanakan secara konsisten, teguh pendirian, dan komitmen kuat. Visi ini adalah untuk menjaga Alam, Manusia, dan Kebudayaan Bali secara Niskala – Sakala.

Visi NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI berbasis nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi, yakni penyucian dan pemuliaan enam sumber kesejahteraan dan kebahagiaan kehidupan Manusia, terdiri atas : 1) Atma Kerthi, berarti Penyucian dan Pemuliaan Atman/Jiwa; 2) Segara Kerthi, berarti Penyucian dan Pemuliaan Laut dan Pantai; 3) Danu Kerthi, berarti Penyucian dan Pemuliaan Sumber Air; 4) Wana Kerthi, berarti Penyucian dan Pemuliaan Tumbuh-tumbuhan; 5) Jana Kerthi, berarti Penyucian dan Pemuliaan Manusia; dan 6) Jagat Kerthi, berarti Penyucian dan Pemuliaan Alam Semesta.

Bupati Jembrana mengatakan, Visi Pembangunan Bali diselenggarakan dengan Pola Pembangunan Semesta Berencana, meliputi Lima Bidang Prioritas, yakni: Pertama, Bidang Pangan, Sandang, dan Papan; Kedua, Bidang Kesehatan dan Pendidikan; Ketiga, Bidang Jaminan Sosial dan Ketenagakerjaan; Keempat, Bidang Adat, Agama, Tradisi, Seni, dan Budaya; serta Kelima, Bidang Pariwisata. Lima Bidang Prioritas tersebut didukung dengan pembangunan infrastruktur darat, laut, dan udara secara terintegrasi dan terkoneksi.

sum : az
(redMSM/rfd).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *